Quick Notice

kehidupan yang tak sengaja terekam oleh otakku, kan kutulis dengan tanganku...

mari kita renungkan jakartamu :')

25 Nov 2010 | Fahmi Muthi

jam setengah sepuluh.
tiba tiba aja alat super canggih abad 20 berwarna hitam yang akhir akhir ini dikenal dengan nama handphone berdering (benda ini berdering tanpa magic, yaiyalah -___-''). ternyata itu sms masuk, dan yang sms staff kampus gue. oh my..... isi sms itu ternyata permintaan tebusan karena kucing tetangga diculik, gak deng isinya gue disuruh nganter surat permintaan PKL di jakarta. -____-''
eh? jakarta? oh my god!
oke kita liat arsip jakarta dalam sejarah.

  1. Jakarta merupakan satu satunya kota di Indonesia yang memiliki status setingkat provinsi, karena jakarta merupakan DKI (daerah khusus ibukota). not bad lah buat status ini :)
  2. Jakarta memiliki banyak taman kota yang berfungsi sebagai daerah resapan air, contohnya taman monas, taman suropati, taman lapangan benteng. banyak taman itu menyehatkan paru paru ;)
  3. jakarta punya BUSWAY! haha :D menyenangkan naik busway yg nyaman! :)
  4. bangunan jakarta tinggi tinggi membelah langit, mengagumkan. namanya juga kota gede :p keren!

frist sight gue buat jakarta cukup oke. gak perlu was was. kemudian segera bergegas ke kampus tuk ngambil tu surat PKL. oh iya, by the way gue PKL di RS TNI-AL dr. MINTOHARDJO (siap grak!!!). masalahnya, ke mintoharjo itu naek apa yah? *gak tau jalan* bingung nentuin naek apa, kita putuskan naek kereta aja. naik jurusan tanah abang, turun di karet lanjut pake angkot, jreng jreng... jadi deh.. :)
kenyataannya, naek kereta, desek2n, pengep, turun entah dimana, nanya2 orang, salah nyebrang, ongkos ga tau berapa, ini di planet apa gue ga ngerti. kesimpulannya jangan nyasar di jakarta! nyasar di jakarta ibarat kecoa nungging dalam mangkok!.

dan lihat, list positif jakarta gue tercoreng. alasannya? oke yang pertama "jakarta = daerah khusus ibu kota" dan sebuah kota dengan lebel kota besar diiringi dengan pertumbuhan penduduk yang PADAT! jumlah mobil pribadi dan luas jalan tak seimbang. ironisnya, manusia yg berada dalam mobil tak kurang dari 2 orang. hey, apa semua orang di kota ini diwajibkan memakai mobil? ini hanya membuat kota semakin kecil, bukan semakin besar! bagaimana dengan pejalan kaki? adakah tempat untuknya? daerah khusus ibu kota seharusnya tak begini, kota ini mencerminkan negara indonesia, tapi indonesia gak seperti ini.

list nomer dua gue coret juga. kenapa? mana kawasan hijau jakarta? gue gak liat. gue cuma liat mal taman anggrek, tapi hey, itu dulunya salah satu paru paru jakarta, hutan simpang tomang. oh my god! ternyata setelah gue teliti lebih lanjut banyak taman taman yang diperuntukan daerah resapan air malah dibuat berbagai mal dan bangunan perkantoran. jadi gak heran kalo jakarta sering banjir. jangan salahkan bogor yah kalo banjir. :)

busway? memang angkutan umum itu lebih nyaman, tapi tahukah anda kalo di dalam busway pun masih ada yang namanya copet mencopet, pelecehan seksual dan lain sebagainya? faktanya pelaku tersebut malah lebih nyaman beroprasi di busway, karena penumpang busway merasa lebih aman. haduuuh, ini jakarta bung. tetap waspada D:

jalan jalan mengitari berbagai sudut di jakarta memang menyenangkan, bangunan yang membentang dan seakan menusuk langit bertaburan dimana mana. dan semua dapat terlihat walaupun samar samar ditutupi kabut tebal. ups.. tunggu, itu bukan kabut, itu polusi udara! ya tuhan separah inikah polusi udara di jakarta. dari mana asalnya asap itu? rokok? knalpot? limbah pabrik? apa lagi? semua udah gak heran ama penyebab penyebabnya, ya karena semua ada di jakarta. mulai dari tingkat konsumsi rokok yang tinggi, asap knalpot dari kendaraan kendaraan yang membludak, dan pabrik pabrik yang mewabah dimana mana.

oke, list positif apa lagi yang mau gue tulis?

Tags: | 0 komentar

0 komentar:

Posting Komentar

Correct Me If I'm Wrong (leave a massage)


ShoutMix chat widget